Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 17 Maret 2013

Tips yang dapat membantu Anda dalam menghadapi psikotes

Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menghadapi psikotes:

Sebelum Tes
  1. Yakinkan dulu pada diri Anda sendiri apakah posisi/ pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan Anda dan juga sesuai keinginan Anda. Pastikan Anda juga mengetahui tentang profile perusahaan yang mengundang Anda. Sehingga Anda yakin bahwa pekerjaan ini benar-benar Anda inginkan.
  2. Pastikan Anda mengetahui lokasi pelaksanaan psikotes tersebut. Mengetahui lokasi tes bahkan pernah melihatnya membuat Anda lebih bisa mengatur waktu Anda dalam proses keberangkatan Anda. Selain itu hal tersebut mengurangi sedikit kekuatiran Anda dalam menghadapi psikotes.
  3. Persiapkan diri Anda, khususnya fisik Anda. Beristirahatlah dengan cukup dan jika Anda sedang tidak sehat usahakan untuk mengatur jadwal psikotes di lain hari dengan perusahaan pemberi kerja. Seringkali ketegangan, kelehan dan kondisi yang tidak sehat akan mempengaruhi kemampuan Anda dalam mengerjakan psikotes.
  4. Pastikan Anda tahu dan mengetahui tentang Curiculum Vitae (CV) yang Anda buat.
  5. Bawalah alat tulis (pensil, penghapus, pena, dll) dan peralatan lain yang diminta.
Saat Tes
  1. Umumnya pada setiap lembar jawaban tes, Anda diminda menuliskan nama atau kode-kode tertentu. Dengarkan petunjuk pengisian identitas dengan seksama, jangan ragu bertanya jika Anda tidak mengerti. Saat Anda diminta menuliskan identitas Anda, mulailah menuliskannya dan jangan menunda-nunda waktu.
  2. Jangan langsung mengerjakan tes sebelum Anda mendapatkan perintah untuk mengerjakan. Dengarkan baik-baik petunjuk pengerjaan tes dari tester/ pengawas tes. Demikian juga petunjuk yang ada di setiap soal tes. Pastikan bahwa Anda mengerti cara pengerjaan, bertanyalah jika Anda merasa bingung dengan cara pengerjaan.
  3. Jangan melihat/ mencontek jawaban orang lain karena akan membuat hasil tes Anda bertentangan dengan kondisi Anda sebenarnya. Selain itu akan mempengaruhi hasil observasi Anda pada saat tes.
  4. Pada tes-tes yang diberitahukan waktunya, kerjakanlah soal-soal yang mudah karena akan memudahkan Anda mengatur waktu Anda dalam mengerjakan.
  5. Pada tes-tes tertentu kerjakanlah dengan kondisi dan keadaan Anda sendiri. Karena hasil tersebut akan menggambarkan kondisi kemampuan serta keadaan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar